Monday , 27 May 2024

Budaya Buang Sampah Sembarangan Rusak Landmark Pohon Kasih

SPIRITKAWANUANEWS–Pohon Kasih yang terdapat di kawasan Mega Mas Manado sudah menjadi salah satu landmark Kota Manado. Berbagai event baik lokal, nasional bahkan berkelas internasional sudah pernah digelar di tempat tersebut.

Namun ternyata, masyarakat Manado masih kurang mampu dalam menjaga kebersihan dan keasrian Pohon Kasih yang sudah menjadi iconic di Manado ini. Bukan tanpa sebab, baru-baru ini, ditemukan banyaknya sampah di wilayah Pohon Kasih. Diduga warga yang nongkrong pada malam minggu suka membuang sampah sembarangan di tempat tersebut.

Sudah bukan rahasia umum, masyarakat Manado merupakan salah satu penyumbang sampah terbanyak Sulut. Merujuk Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian LHK tahun 2022, timbulan sampah harian Kota Manado sebanyak 242.56 ton dan timbulan sampah tahunan 88.534,22 ton.

BACA JUGA  Lakukan Penganiayaan dengan Sajam, Warga Kelurahan Bailang Diaman Polisi

Hal ini di akibatkan oleh budaya membuang sampah yang masih merajalela, padahal seharusnya budaya tersebut sudah punah sejak lama. Padahal Pemerintah Kota Manado sudah gencar bahkan dengan tegas mengingatkan dan memperingati agar masyarakat jangan membuang sampah di sembarangan tempat. Anak kecil saja tahu hal itu dilarang.

Dampaknya sudah sangat terasa oleh masyarakat sendiri. Banjir 27 Januari yang melanda Kota Tinutuan menjadi sebuah teguran keras dari alam. Percuma pemerintah kota dan provinsi membangun fasilitas yang baik dan bagus tapi tidak bisa dijaga kebersihannya. Percuma pemerintah mengeruk sungai, membangun drainase, membangun bendungan kuat, namun budaya membuang sampah sembarangan masih tetap mendarah daging.

BACA JUGA  Walikota Hadiri Lomba Paduan Suara Big Choir di GMIM Sion Malalayang

Perilaku warga Manado sendiri dapat merusak apa yang sudah dibuat pemerintahnya dan berpotensi menurunkan lagi harga diri Kota Manado yang sudah indah di mata nasional dan internasional.

Sementara itu, di areal Pohon Kasih juga ditemukan sampah bekas obat batuk Komix  yang begitu banyak. Dari sini bisa disumpulkan masih banyak warga Manado yang suka mengkonsumsi zat-zat yang dapat membahayakan tubuh.

Konsumsi obat batuk komix memang harus sesuai dengan dosis untuk mendapatkan manfaat dari obat tersebut. Bila di konsumsi berlebihan tentu dapat menyebabkan adanya efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan pada obat batuk komix salah satunya adalah dextromethorphan, yang digunakan sebagai zat penekan batuk kering.

BACA JUGA  Tekan Kasus Kriminal, Ini Inovasi yang Digaungkan Satresnarkoba Polresta Manado

Namun, jika digunakan berlebihan, obat ini dapat memicu munculnya euforia. Hal inilah yang sering kali di salah gunakan oleh beberapa orang sehingga meminum obat batuk komix hingga dosis berlebihan. Efeknya, tentu dapat menyebabkan munculnya perasaan ‘fly’ bahkan kecanduan. Selain itu efek samping lainnya yang jauh lebh berbahaya juga dapat muncul akibat konsumsi obat batuk komix berlebihan dosis, seperti nyeri kepala, Halusinasi, Gelisah, Mengantuk, Muntah, Gangguan sistem saraf pusat dan Kerusakan ginjal dan hati.

Melihat masih maraknya penggunaan obat komix secara berlebihan, diharapkan pihak kepolisian juga bisa berperan aktif melihat dan menyelidiki daerah seputar Pohon Kasih Mega Mas. Terlebih saat ramai pengunjung seperti saat malam minggu.(***)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.