Tuesday , 16 July 2024

Walikota Manado Ikuti Zoom Meeting Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia

SPIRITKAWANUANEWS–Walikota Manado Andrei Angouw mengikuti Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (25/1). Keikutsertaan Walikota dalam rakor ini secara virtual diruang kerja Walikota Manado. Hadir dalam acara zoom meeting ini, Kapolres Manado, Kejari Manado, yang mewakili Dandim Manado dan Inspektur Kota Manado Jeffrey Andries.

Kegiatan ini dalam rangka penandatanganan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan R.I dan Kepolisian R.I tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait Penanganan Laporan atau Pengaduan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Setelah pembukaan dan laporan pelaksanaan kegiatan, acara dilanjutkan dengan Launching aplikasi “APIP Lapor” serta Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengawasan.

BACA JUGA  Walikota Manado Terima Kunker Wamendag Jerry Sambuaga, Pasar Manado ikut Dibahas

Acara selanjutnya adalah arahan Jaksa Agung R.I. Dalam arahannya Jaksa Agung menyampaikan pengalaman kerja termasuk menyentil peran Inspektorat didaerah ketika berhadapan dengan masalah yang dialami Kepala Daerahnya, baik Gubernur, Bupati maupun Walikota. Setelah arahan Jaksa Agung dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kabareskim Polri yang menyampaikan langkah-langkah apa yang sudah dan sedang dilakukan Polri dalam rangka melakukan tindakan pengawasan dan pencegahan Korupsi.

Mendagri Dr. Tito Karnavian yang menyampaikan beberapa poin yang menjadi perhatian yakni; pertumbuhan ekonomi yang harus dijaga termasuk menyikapi soal inflasi. Hal-hal lain adalah anggaran tepat sasaran, postur anggaran serta dalam melakukan pengawasan untuk cepat diselesaikan terutama kalau APIP dan inspektorat dapat bekerja profesional. “Jadi kalau APIP kuat, maka Kepala Daerahnya akan jadi aman,” harap Mendagri.

BACA JUGA  Radi Setiawan Pimpin Lapas Manado, Simbolon Promosi ke Lapas Narkotika Bangli

Acara selanjutnya adalah Panel I tentang Pengawasan Pengelolaan APBD dan Panel II tentang Pengawasan Pelayanan Publik, Keuangan Desa, BUMD dan Penguatan APIP.(***)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.