Monday , 17 June 2024

Walikota Tomohon Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Carol Senduk : Pancasila Jiwa Pemersatu Menuju Indonesia Emas 2045

SPIRITKAWANUANEWS —  Walikota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, SH, memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Sabtu (1/6). Upacara ini dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kota Tomohon, termasuk Sekretaris Daerah Edwin Roring SE ME, perwakilan Kejaksaan Negeri Tomohon Kasi Intel Dedykarto Ansiga, ASN, dan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon membacakan pesan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Beliau menekankan pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai momen untuk mengenang pidato Bung Karno pada tahun 1945 yang pertama kali memperkenalkan Pancasila. Tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

BACA JUGA  Makin Hebat ! Caroll Senduk Bawa Tomohon Raih Penghargaan dari Ombudsman RI

“Walikota menegaskan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, menuju 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujarnya.

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia diharapkan dapat menjadi bintang pemandu yang membawa negara ini menuju kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi. “Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tambah Walikota.

Keberadaan Pancasila yang mengandung nilai-nilai luhur seperti inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, menurut Walikota, harus terus dihidupkan dan dipedomani. Ini penting agar Pancasila menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA  Caroll Senduk Bawa Pemkot Tomohon Peringkat Lima Penilaian MCP dari KPK

Di era pesatnya perkembangan teknologi komunikasi, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi. “Pesatnya kemajuan teknologi informasi harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Walikota.

Mengakhiri pidatonya, Walikota mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. “Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.”

Upacara ini menjadi momen penting bagi seluruh peserta untuk merefleksikan dan memperkuat komitmen mereka dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di setiap aspek kehidupan, serta menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa Indonesia.(ADVE)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.