Monday , 17 June 2024

RS Khusus Infeksi Kitawaya Sulut Siap Terima Pasien

SPIRITKAWANUANEWS — Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw bersama jajaran Forkopimda Sulut akhirnya meresmikan Rumah Sakit Khusus Infeksi Kitawaya, Kamis 21 Maret 2024.

 

RS Khusus Infeksi Kitawaya Sulut berasal dari RS Covid 19 yang didirikan pada tahun 2020 atas usulan gubernur Sulut kepada BNPB pusat karena semua kamar isolasi di rumah sakit penuh akibat ledakan pasien covid-19 .

 

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr. Debbie Kalalo, pembangunan rumah sakit ini dilaksanakan oleh kementerian PUPR dengan pendanaan dari BNPB pusat.

 

“Kemudian di akhir tahun 2022, BNPB pusat menghibahkan gedung beserta peralatan dan kendaraan kepada Pemerintah Provinsi Sulut. Selanjutnya RS Covid-19 berubah fungsi menjadi RS Khusus Infeksi Kitawaya Sulut hingga akhirnya diresmikan saat ini,” ungkapnya.

BACA JUGA  Walikota Andrei Angouw Turlap Ke Berbagai Lokasi, Upayakan Kota Manado Bebas Banjir

 

Kalalo menambahkan, untuk mekanisme penerimaan pasien di RS Khusus Infeksi Kitawaya, sama pada rumah sakit pada umumnya.

 

“Sama seperti rumah sakit lain. Bisa langsung dari IGD. Bisa juga kalau misalkan dapat rujukan dari dokter langsung ke sini,” sebutnya.

Untuk ketersediaan SDM, dr Debbie Kalalo mengatakan pihaknya masih perlu menambah. “Rencana mau menambah lagi karena masih kekurangan. Kalau untuk peralatan semua alat-alat kita sudah siap. Untuk BPJS Kesehatan kita belum bekerjasama, tapi kami harap kedepan kita bisa segera bekerjasama,”tukasnya.***

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.