Monday , 17 June 2024

Bawaslu Manado Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024

SPIRITKAWANUANEWS — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado menggelar Training of Trainer, Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tingkat Kota Manado untuk Pemilu 2024 di Hotel Sintesa Pinensula, Rabu (7/2).

Dasar pelatihan saksi peserta pemilu adalah amanah dari Pasal 351 ayat 1 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 yang menjadi tanggung jawab Bawaslu.

Komisioner Bawaslu Manado Abdul Gafur Subaer mengatakan, pelatihan saksi ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan partai politik (parpol) peserta pemilu, tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden, pemantau pemilu, penggiat pemilu dan media.

Dikatakannya, dalam pelatihan ini akan diberikan tentang antisipasi kecurangan, pelanggaran yang sering terjadi, hingga bagaimana cara pelaporan jika terjadi kecurangan.

BACA JUGA  Kepesertaan JKN di Manado Capai 95%, Andrei Angouw Terima Penghargaan UHC

“Pelatihan ini sangat penting bagi saksi pemilu sebagai bekal, baik sebelum hari pemungutan hingga pada saat pelaksanaan. Kegiatan dibagi menjadi tiga kelas A,B dan C. Sebagai saksi kita harus bisa memantau Tempat Pemungutan Suara (TPS) kita masing-masing, jadi jangan hanya hari H saja. Contoh, kita juga bisa mengawasi tempat pemungutan suara (TPS), apakah sudah memenuhi standar, kritis untuk akses jika ada yang disabilitas,” tukas Subaer.(Rangga)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.