Monday , 17 June 2024

Tahun 2023 Capaian PBB di Kabupaten Minahasa Selatan Melampaui Target

Minsel, Spiritkawanua – Kesadaran wajib pajak di Kabupaten Minahasa Selatan telah menunjukkan hasil yang menggembirakan, dengan pencapaian pendapatan daerah dari Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) yang berhasil melampaui target untuk tahun 2023.

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Pemkab Minsel, Melky Manus, melalui kepala bidang PBB dan BPHTB, Viane Mawey, pendapatan daerah dari PBB-P2 tahun ini telah mencapai Rp5,1 miliar, melebihi target awal yang ditetapkan sebesar Rp4,5 miliar. Angka ini mencerminkan pencapaian sebesar 112,82%, sebuah hasil yang dianggap luar biasa.

Pencapaian ini, menurut Mawey, merupakan bukti dari tren peningkatan pendapatan daerah melalui pajak yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir. “Kepatuhan masyarakat dalam membayar PBB-P2 menjadi faktor utama dalam pencapaian ini,” kata Mawey.

BACA JUGA  Wabup Petra Rembang Mengikuti Pelantikan Pengurus Pramuka Daerah Sulut

Pemerintah Daerah Pemkab Minsel menyampaikan apresiasi tinggi kepada masyarakat yang telah menunjukkan kepatuhan dalam pembayaran pajak. Mawey menekankan bahwa peran serta camat, lurah, dan Hukumtua sangat penting sebagai ujung tombak dalam proses pembayaran PBB-P2, yang selama ini selalu mencapai lebih dari 100 persen dari target.

Dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian ini, Mawey menyatakan bahwa pemerintah daerah akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan urusan pajak. “Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat wajib pajak, serta memastikan bahwa pendapatan dari pajak akan dikembalikan lagi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kesadaran masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan dalam memenuhi kewajiban pajaknya menjadi contoh yang baik dan patut diapresiasi. Pencapaian ini tidak hanya menunjukkan kepatuhan wajib pajak, tetapi juga keberhasilan pemerintah daerah dalam mengelola dan memanfaatkan pendapatan pajak untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (Irto)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.