Monday , 15 July 2024

Cara Membuat Pola Baju Anak yang Mudah dan Praktis

Hello Sobat Spirit Kawanua! Apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat pola baju anak yang mudah dan praktis. Tentu saja, hal ini sangat berguna bagi kamu yang ingin membuat baju anakmu sendiri. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat pola baju anak, tentu saja kamu harus mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Beberapa alat yang kamu butuhkan antara lain kertas pola, pensil, penghapus, gunting kain, jarum pentul, dan meteran. Sedangkan bahan yang dibutuhkan tergantung pada jenis baju yang ingin kamu buat.

Mengambil Ukuran Tubuh Anak

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, langkah selanjutnya adalah mengambil ukuran tubuh anak. Hal ini sangat penting agar kamu bisa membuat pola baju yang pas dan nyaman saat dikenakan. Ukur lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul, panjang baju, dan lebar bahu anakmu. Jangan lupa juga untuk mengukur panjang lengan dan lebar lengan bagian atas.

Membuat Pola Dasar

Setelah mengambil ukuran tubuh anak, kamu bisa membuat pola dasar baju terlebih dahulu. Caranya, lipat kertas pola menjadi dua dan gambar pola bagian depan baju pada setengah bagian kertas. Setelah itu, gambar bagian belakang baju pada bagian lain dari kertas pola. Potong kertas pola sesuai dengan gambar yang sudah kamu buat.

BACA JUGA  Cara Membedakan Scarlett Asli dan Palsu - Panduan Lengkap

Membuat Pola Bagian Lengan

Setelah membuat pola dasar baju, langkah selanjutnya adalah membuat pola bagian lengan. Caranya, gambar pola lengan pada kertas pola baru. Pastikan lebar lengan dan panjang lengan sudah sesuai dengan ukuran tubuh anakmu. Potong kertas pola lengan sesuai dengan gambar yang sudah kamu buat.

Menggabungkan Pola Dasar dan Pola Lengan

Setelah membuat pola dasar dan pola lengan, langkah selanjutnya adalah menggabungkan kedua pola tersebut. Caranya, letakkan pola dasar baju pada kertas pola baru dan tempelkan dengan jarum pentul. Kemudian, letakkan pola lengan pada bagian atas pola dasar baju dan tempelkan juga dengan jarum pentul. Gambar garis pada kertas pola sesuai dengan bentuk lengan dan bagian bahu. Potong kertas pola sesuai dengan gambar yang sudah kamu buat.

Membuat Pola Kerah

Jika baju anak yang ingin kamu buat memiliki kerah, maka kamu juga harus membuat pola kerah. Caranya, gambar pola kerah pada kertas pola baru. Potong kertas pola sesuai dengan gambar yang sudah kamu buat. Pastikan lebar dan panjang kerah sudah sesuai dengan ukuran leher anakmu.

Membuat Pola Kancing

Jika baju anak yang ingin kamu buat memiliki kancing, maka kamu juga harus membuat pola kancing. Caranya, gambar pola kancing pada kertas pola baru. Potong kertas pola sesuai dengan gambar yang sudah kamu buat. Pastikan ukuran kancing sudah sesuai dengan ukuran lubang kancing yang akan kamu buat pada baju anakmu.

BACA JUGA  Cara Setting TV Digital Sharp Aquos

Mengukur Bahan dan Memotong Sesuai Pola

Setelah semua pola sudah dibuat, selanjutnya kamu bisa mengukur bahan yang akan digunakan dan memotongnya sesuai dengan pola yang sudah kamu buat. Pastikan kamu memotong bahan dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan sesuai dengan pola yang sudah dibuat.

Menggabungkan Bagian-Bagian Baju

Setelah semua bagian baju sudah dipotong, langkah selanjutnya adalah menggabungkan bagian-bagian tersebut. Pertama-tama, jahit bagian lengan pada bagian bahu baju. Kemudian, jahit bagian samping baju dari bagian bawah lengan hingga bagian bawah baju. Terakhir, jahit bagian kerah dan bagian kancing.

Merapikan Hasil Jahitan

Setelah semua bagian sudah digabungkan, kamu harus merapikan hasil jahitan. Caranya, potong sisa kain dan jahitan yang tidak rapi dengan gunting kain. Kemudian, lipat jahitan searah jarum jam dan jahit lagi dengan jahitan lurus agar hasilnya lebih rapi.

Menambahkan Hiasan pada Baju Anak

Jika kamu ingin menambahkan hiasan pada baju anakmu, maka kamu bisa melakukannya setelah semua bagian baju sudah dirapikan. Kamu bisa menambahkan renda, pita, atau kain lainnya sesuai dengan selera dan keinginanmu. Pastikan hiasan yang kamu tambahkan aman dan tidak mengganggu kenyamanan anakmu saat baju tersebut dikenakan.

BACA JUGA  Algoritma Membuat Kopi yang Tepat Hasilkan Kopi Lezat

Mencoba Baju Anak

Setelah selesai membuat baju anak, jangan lupa untuk mencobanya pada anakmu. Pastikan baju tersebut pas dan nyaman saat dikenakan. Jika ada bagian yang terasa kurang pas atau kurang nyaman, kamu bisa memperbaikinya dengan jahitan tambahan.

Merawat Baju Anak yang Sudah Dibuat

Setelah baju anak selesai dibuat, pastikan kamu merawatnya dengan baik agar tahan lama dan tetap terlihat bagus. Cuci baju dengan deterjen yang lembut dan jangan gunakan mesin cuci agar tidak merusak jahitan. Jemur baju di tempat yang teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Kesimpulan

Membuat pola baju anak tidaklah sulit, namun membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat baju anak dengan mudah dan sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah tutorial tentang cara membuat pola baju anak yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk kamu yang ingin membuat baju anak dengan tangan sendiri. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya di website kami. Sampai jumpa!

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.