Saturday , 1 October 2022

Terus Lakukan Ritual Turlap, Walikota AA Pantau Beberapa Lokasi SPA

SPIRITKAWANUANEWS–Walilota Manado Andrei Angouw mengunjungi beberapa lokasi di Kota Manado mencek sistem penanganan sampah di Stasiun Peralihan Antara (SPA) serta Pasar Karombasan, Jumat (16/9).

Walikota mengawali kunjungannya di SPA Stadion Klabat dan selanjutnya SPA di Jalan Siswa Sario Kota Baru. Walikota berdialog dengan pengangkut sampah baik yang ada di motor sampah maupun truk sampah. Walikota ingin mencari tau sistem pengangkutan yang mereka lakukan dilapangan, termasuķ waktu pengumpulan sampah dari motor sampah ke truk yang ada di SPA.

Walikota memberikan beberapa gambaran tentang sistem pengangkutan sampah mulai dari rumah tangga, motor sampah serta koordinasi dengan ketua lingkungan dan selanjutkan menuju ke SPA. Walikota mencek soal waktu atau jam-jam yang harus disediakan ketika menjalankan sistem pengangkutan sampah ini.

BACA JUGA  Wagub Steven Puji Andrei Angouw Terkait Pencapaian Vaksinasi 100 Persen di Manado

Bagi Walikota waktu dan jam ini penting agar sampah tidak lama-lama berada di SPA. Hal ini agar lokasi SPA tetap bersih agar warga sekitar dan pengguna jalan dilokasi SPA tidak melihat kondisi kumuh. Artinya jangan sampai SPA justru menjadi tempat kumuh karena sampah terlalu lama berada di SPA. Bagi Walikota SPA benar-benar sesuai fungsinya sebagai Stasiun Peralihan Antara untuk tempat koordinasi penampungan sementara sampah-sampah dari rumah tangga, ke motor sampah, truk sampah dan selanjutnya dibawa ke TPA Sumompo.

Mekanisme ini selalu menjadi perhatian Walikota agar hal ini menjadi suatu kebiasaan hingga membudaya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Walikota berharap ada koordinasi antara Camat, para Lurah dan ketua-ketua lingkungan hingga ke rumah-rumah dalam memanfaatkan waktu yang sudah ditetapkan dalam rangka melaksanakan proses pembuangan sampah yang tepat.

BACA JUGA  Punya 16% Lahan, Walikota Rancangkan Proyek Pembangunan di Kawasan Megamas dan Mantos

Dilapangan Walikota didampingi Camat Sario Hendri Jouke Lasut, Lurah dan ketua-ketua lingkungan. Selesai mencek beberapa SPA, Walikota menuju Pasar Karombasan dan disambut oleh Kadis PUPR Bpk. Johnny Suwu, Dirtek PD Pasar dan Camat Wanea Deasy Kalalo. Di Pasar Karombasan ini Walikota dan tim melihat perbaikan anak sungai dan drainase yang ada. Selesai melihat Drainase Walikota melihat kondisi Pasar yang nantinya akan direvitalisasi menjadi pasar modern.(***)

 130 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.