Monday , 15 July 2024

Pemerintah Desa Elusan Laksanakan Pelatihan BUMDES Tahun 2021

Spirit kawanua news,Minsel-Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Pemerintah Desa Elusan, mengadakan pelatihan manajemen organisasi BUMDES yang dilaksanakan di Aula Desa Elusan, Senin (08/11/2021).

Di dalam Permendesa No. 04 Tahun 2015 sudah diatur tentang pengelolaan teknis pelaksanaan BUMDes yang disertai dengan peran dan fungsi dari setiap perangkat BUMDes. Dalam melaksanakan Permendesa No. 04 Tahun 2015 tersebut, setiap desa harus menyesuaikan dengan peraturan yang diberlakukan oleh Bupati atau Walikota, sesuai dengan kondisi alam, lingkungan, dan budaya setempat.

BUMDes adalah lembaga yang diwajibkan untuk mendapatkan profit. Maka dari itu pengelola BUMDes harus menaati mekanisme dalam menjalankan kerjasamanya dengan pihak-pihak lain. Seperti contohnya dalam kegiatan lintas desa harus melakukan koordinasi dan kerjasama terlebih dahulu dengan Pemerintah Desa dalam memanfaatkan sumber-sumber ekonomi, Hal inilah yang menjadi dasar Pemerintah Desa Elusan untuk memberikan pelatihan pada Anggota BUMDES desa Elusan.

BACA JUGA  Komposisi AKD DPRD Minsel Jilid 2 Periode 2019-2024 Fraksi Primanas Bubar

Kegiatan ini dibuka oleh PLT Hukum Tua Desa Elusan Bapak Maxi Ampow,Sth. Dalam sambutannya menyampaikan diadakannya pelatihan tersebut untuk meningkatkan pemahaman soal fungsi dan struktur masing masing posisi pada bumdes Desa Elusan yang sementara di usulkan bernama elusai ini.

Untuk itu, Plt Hukum Tua Elusan ini mengharapkan agar BUMDES dapat mengembangkan geliat perekonomian dan dapat dirasakan keberadaannya oleh warga desa elusan itu sendiri, karena lanjut PLT Maxi bumdes tersebut nantinya operasionalnya akan di bantu oeh pemerintah desa.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota bumdes elusai, Dewan pengawas yang terdiri dari BPD Desa Elusan. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari pendamping tingkat kabupaten Minsel, Dengan Narasumber pertama Bapak Donald mokuan,SE tenaga ahli P3MD kab minsel yang memberikan Materi tentang Kelembagaan dan tupoksi bumdes, Serta pemberi materi ke dua Oleh Ibu Ester masengi,SE., Kabid Dinas PMD Bersama Ibu Pingkan tamburian,SH,. sebagai sekretaris dinas PMD dengan materi Pengenalan pembuatan laporan admistrasi laporan keuangan, fungsi dan management pengolahan usaha bumdes, (Imw)

BACA JUGA  Wakil Bupati Minsel PYR Mewakili Bupati Minsel FDW Menghadiri Acara Pendatanganan Kerjasama Pemanfaatan Dan Pengangkutan FLY ASH PLTU Amurang Antara PT. PLN (Persero) UIKL Sulawesi Dengan PT. Semarak Adhi Karya DAN PT. Conch North Sulawesi Cement Serta Penyerahan FLY ASH Kepada UMKM Minsel

 

 

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.