Wednesday , 8 May 2024

Walikota Andrei Terima Kunjungan KPUD Kota Manado, Pemutahiran Data Pemilih Jadi Pokok Bahasan

 

Manado, SpiritKawanuaNews ||Walikota Manado Andrei Angouw menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Manado dalam rangka melakukan Koordinasi yang dipimpin Ketua KPUD Yusuf Wowor S.H , di ruang kerja Walikota. Senin (12/7/21).

Bertemu dengan Walikota, ada Beberapa hal yang dikoordinasi termasuk kesiapan menghadapi Pesta Demokrasi 2024 nanti. Seperti yang disampaikan Ketua KPUD bahwa Tahapannya akan dimulai Maret Tahun depan 2022 sehingga perlu adanya kesiapan KPUD terkait partisipasi dan data pemilih.

Dalam koordinasi ini, Yusuf Wowor mengatakan kepada Walikota Pemutahiran Data Pemilih sedang dilaksanakan oleh KPUD. Meraka berharap mendapatkan Data Pemilih yang berkualitas dan adanya kerjasama yang baik dengan pemerintah teristimewa jajaran pemerintahan tingkat bawah seperti ditingkat Kelurahan-Kelurahan.

BACA JUGA  Jasa Bor Air Manado Termurah dan Terpercaya

KUPD juga berharap agar memiliki data valid dari Disdukcapil Kota Manado. Mereka juga berkeinginan adanya MoU dengan Pemerintah Kota untuk Pemutahiran Data Berkelanjutan.

Selanjutnya mereka juga menyinggung anggaran dalam kaitan dengan pemutahiran data ini. Tahapan pemutahiran data ini salah satu kegiatan yang akan dilakukan KPUD berdasarkan aturan dan undang-undang yang berlaku. “Jadi prosesnya memang diserahkan kepada KPUD,” kata personil KPU yang hadir.

Walikota menanggapi bahwa soal pemutahiran data memang akan dilakukan terus menerus.

“Nanti semua akan dikoordinasikan, termasuk dengam Capil,” kata Walikota.

Soal pendanaan bagi Walikota, nantinya akan diliat bagaimana mengaturnya. Walikota menyinggung penataan anggaran diera covid yang serba sulit sebab begitu banyak anggaran yang akan digeser untuk kepentingan penyelesaian pendemi covid.

BACA JUGA  Diguyur Hujan,Walikota Andrei Tinjau Langsung Titik Lokasi Banjir

Yang terakhir soal Gedung KPUD yang rawan banjir nantinya akan dipikirkan oleh Walikota bagaimana jalan keluarnya. Termasuk bagaimana melebarnya sungai atau saluran disekitar lokasi tersebut.

Diakhir koordinasi KPUD menyerahkan Buku ‘DINAMIKA HUKUM PILKADA, Mitigasi Pelanggaran dan Implementasi Penyelesaian Hukum Kepada Walikota.

Selesai pertemuan Walikota langsung menindaklanjuti dengan memanggil Kadis Dukcapil Julises Deffie Oehlers S.H. untuk mensinkronkan hasil pembicaraan dengan KPUD sebelumnya.

(*MSev)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.